Sunday, July 31, 2011

Searching for Kurma :)

Diriwayatkan dari Anas r.a, ia berkata,"Rasulullah saw berbuka dengan beberapa butir kurma basah (ruthab) sebelum mengerjakan solat. Jika tidak ada ruthab, baginda berbuka dengan kurma. Jika tidak ada juga baginda meneguk beberapa teguk air"

*Hadith ini hassan, diriwayatkan oleh Abu Dawud (2356) dan at tirmizi (692) dalam kitab Al Irwa dan Ass Shahihah


Maksud dari hadist diatas adalah makan makanan manis pada saat perut kosong itu lebih bermanfaat bagi tubuh terutama tubuh yang sehat, sehingga kekuatannya dapat pulih kembali(8,9). Dalam hadist itu pula disebutkan bahwa mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa termasuk sunah, dan kurma termasuk buah yang rasanya manis.
Berdasarkan hadist diatas, dapat kita pahami bahwa mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa merupakan sunah Rasulullah.

Pada saat puasa energi kita berkurang sekitar 20-30% dari metabolisme basal. Saat berpuasa persediaan gula darah dapat turun, karena tubuh tidak mendapatkan pasokan karbohidrat (makanan). Akibatnya, tubuh dapat mengalami defisit gula darah, sehingga timbul rasa lemas dan kurang bertenaga. Puasa menyebabkan tubuh menggunakan cadangan energi sebagai pengganti pasokan makanan yang biasa dikonsumsi. Cadangan energi ini berbentuk glikogen (cadangan energi yang berasal dari karbohidrat). Apabila cadangan ini habis, maka akan digunakan cadangan lain dari lemak dan protein.

Mengkonsumsi kurma saat berbuka seperti disunahkan oleh Rasulullah SAW sebanyak tiga buah dapat mencukupi kebutuhan energi secara cepat sebesar sekitar 9-10 % dari 20-30 % energi yang berkurang saat puasa, dimana dalam 1 buah kurma memenuhi sekitar 3 % kebutuhan kalori tubuh per hari. Karena kurma mengandung kalori dan gula monosakarida ( glukosa dan fruktosa ) yang tinggi, dimana gula tersebut diserap dan dimetabolisme tubuh dalam waktu yang singkat, maka kurma sangat tepat jika dikonsumsi saat berbuka puasa sebelum menyantap menu utama seperti nasi dan lauk-pauknya.

Oleh sebab kita nak berbuka macam Rasulullah saw berbuka, mulakanlah dengan kurma yer sayang2 ku sekalian, kalau takde kurma...minumlah air putih beberapa teguk mcm dalam hadith tue sbb perut da kering karena berpuasa, jadi kita kasi air wat basahkan perut supaya dapat mencerna makanan yang nak masuk nanti~~~~

"Selamat Berbuka Puasa Mengikut Sunnah Nabi"




Its your choice!

air putih aka plain water aka H2O

&

Kurma Nyum2~


VS


Kuih macam2 kaler....T_T ngidam...tsk3